Kuo: model MacBook Pro baru akan kehilangan panel sentuh, tetapi akan menerima MagSafe dan sejumlah besar port

Apple sedang mengerjakan dua model MacBook Pro baru yang akan menerima perubahan desain yang signifikan. Hal ini dikemukakan oleh analis otoritatif Ming-Chi Kuo dalam laporannya kepada investor.

Menurut Kuo, Apple sedang mengembangkan dua model MacBook Pro dengan ukuran layar 14 dan 16 inci. Item baru akan menerima desain dengan tepi datar tanpa lengkungan, mengingatkan pada iPhone 12. Ini akan menjadi perubahan paling signifikan dalam penampilan laptop dalam lima tahun terakhir.

Dilaporkan bahwa para Cupertinians akan membuang touchpad demi tombol fungsi fisik. Kuo mengatakan desain konektor pengisi daya MagSafe akan kembali lagi, meski tidak jelas apa artinya karena Apple sebelumnya beralih ke USB-C. Model MacBook Pro yang diperbarui akan menerima port tambahan, dan pengguna tidak perlu menggunakan hub yang berbeda. Mereka akan dilengkapi dengan chip Apple, dan tidak ada pilihan untuk Intel.

Model MacBook Pro akan menggunakan desain heatpipe yang sama dengan yang ditemukan di MacBook Pro 16 inci saat ini, yang menurut Kuo jauh lebih baik daripada Pro dan Air 13 inci saat ini. Analis memperkirakan model baru akan dirilis pada kuartal ketiga 2021. Dia juga memperkirakan pengiriman akan tumbuh secara signifikan 25-30 persen per tahun menjadi 20 juta unit berkat desain yang diperbarui dan permintaan yang kuat untuk penggantian.

Kuo juga mengungkapkan bahwa iPhone kelas atas yang akan dirilis pada tahun 2021 kemungkinan akan memiliki sistem pendingin ruang uap dalam pengujian aktif. Ini diperlukan karena daya pemrosesan dan kecepatan koneksi 5G yang lebih tinggi. Sudah ada smartphone di pasaran dengan teknologi serupa dari Samsung, Razer, dan LG.

Sumber: theverge